Sabtu, 13 Agustus 2011

Strategi Pembelajaran Konstekstual Teaching and Learning ( CTL )

Konsep dasar CTL

Contetextual teaching and learning (CTL ) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Dari konsep tersebut ada tiga hal yang harus kita pahami:

Strategi Pembelajaran Afektif ( nilai Sikap )

Hakikat Pendidikan Nilai dan Sikap
Nilai adalah suatu konsep yang berada dalam pikiran manusia yang sifatnya tersembunyi,tidak berada di dalam dunia yang empiris.Nilai berhubungan dengan pandangan seseorang tentang baik dan buruk,indah dan tidak indah, dan lain sebagainya.Dengan demikian pendidikan nilai pada dasarnya proses penanman nilai kepada peserta didik yang diharapkan,oleh karenanya siswa dapat berperilaku sesuai dengan pandangan yang dianggapnya baik dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.

Model Strategi Pembelajaran Sikap

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah ( SPBM )

1.Konsep Dasar dan Karakteristik SPBM

Ciri utama SPBM
a.SPBM merupakan aktivitas pembelajaran,artinya ada kegiatan yang harus dilakukan siswa.
b.Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk memecahkan masalah.
c.Pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan berpikir secara ilmiah.

Untuk mengimplementasikan SPBM, guru perlu memilih bahan pelajaran yang memiliki permasalahan yang dapat dipecahkan.

Strategi Pembelajaran Ekspositori ( SPE )

Konsep danb Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.

Strategi Pembelajaranb ekspositori akan efektif apabila :

  1. Guru akan menyampaikan bahan-bahan baru serta kaitannya dengan yang akan dan harus dipelajari siswa.
  2. Apabila guru menginginkan agar siswa mempunyai gaya model intelektual tertentu,misalnya agar siswa bisa mengingat bahan pelajaran,sehingga ia akan dapat mengungangkapkannya kembali manakala diperlukan.
  3. Jika bahan pelajaran yang akan diajarkan cocok untuk dipresentasikan,artinya dipandang dari sifat dan jenis materi pelajaran memang materi itu hanya mungkin dapat dipahami oleh siswa manakala disampaikan oleh guru,misalnya materi pelajaran hasil penelitian berupa data-data khusus.
  4. Jika ingin membangkitkan keingintahuan siswa tentang topic tertentu.

Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )

Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )

Strategi Pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
Ada beberapa hal yang menjadi cirri utama strategi Pembelajaran Inkuiri:

1. Strategi inkuiri menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan.
2. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari suatu yang dipertanyakan.
3. Tujuan dari penggunaan strategi inkuiri adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis,logis dan kritis.


Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir ( SPPKB )

Hakikat dan Pengertian Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir

Model strtegi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir(SPPKB ) ,adalah model pembelajaran yang bertumpu kepada pengembangan kemampuan berpikir siswa melalui telaah,fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan.

Terdapat beberapa hal yang terkandung dalam pengertian di atas :

Pertama,SPPKB adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir,artinya tujuan yang ingin dicapai oleh SPPKB adalah bukan sekedar siswa dapat menguasai sejumlah materi pelajaran,akan tetapi bagaimana siswa dapat mengembangkan gagasan-gagasan dan ide-ide melalui kemampuan berbahasa secara verbal

Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK )

Konsep Strategi Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.Ada empat unsure penting dalam SPK,yaitu :

1. Adanya peserta dalam kelompok
2. Adanya aturan kelompok
3. Adanya upaya belajar setiap anggota kelompok
4. Adanya tujuan yang harus dicapai

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan system pengelompokan/tim kecil,yaitu antara empat antara enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik,jenis kelamin,rasa tau suku yang berbeda.Sistem penilaian dilakukan terhadap kelompok,setiap kelompok akan memperoleh penghargaan atau reward,jika kelompok mampu menunjukkan prestasi yang dipersyaratkan.Dengan demikian setiap anggota kelompok akan mempunyai ketergantungan positif.Ketergantungan semacam itulah yang selanjutnya akan memunculkan tanggungjawab individu terhadap kelompok dan ketrampilan interpersonal dari setiap anggota kelompok.

Cara Melakukan Perkalian dengan Angka Sembilan Menggunakan Jemari

Summary:sukarto
Pertama kita letakkan kedua telapak tangan di atas meja.Jemari direntangkan.Setiap jari diberi angka atau diingat dari nomor satu sampai dengan sepuluh, dari kiri ke kanan.

Untuk mendapatkan hasil perkalian Sembilan kali tujuh, maka kita angkat jari ke tujuh. Kita hitung : Ada enam jari di sebelah kirinya dan tiga di sebelah kanannya.Enam dan tiga adalah enam puluh tiga.Sembilan kali tujuh samadengan enampuluh tiga.

Kita coba lagi Sembilan kali lima. Kita angkat jari ke lima (jari kelima adalah ibu jari tangan kiri kita). Ada empat jari di sebelah kirinya dan lima jari di sebelah kanannya. Emapt dan lima adalah empatpuluh lima. Sembilan kali lima adalah empat pukuh lima.

Cara ini berlaku hingga Sembilan kali sepuluh.

Kalau model perkalian tersebut kita ajarkan kepada anak-anak kita, maka anak akan menyukai matematika, sebab menarik , belajar matematika bukan hal yang menakutkan.

Cara Melakukan Perkalian dengan Angka Sembilan Menggunakan Jemari Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/guidance-self-improvement/2012409-cara-melakukan-perkalian-dengan-angka/

KUMPULAN PRESENTASI (POWERPOINT)

SIMULASI MENGAJAR

Menerapkan pembelajaran tiruan dengan suatu metode, kepada teman seprofesi dengan maksud dapat mengaplikasikanya di kelas yang nyata (real class) serta melihat pengaruh positif dan negatif thd siswa dan dapat memberikan umpan balik kepada penyaji.

Selanjutnya silahkan download di bawah

download gratis di sini 

Penilaian Berbasis Kelas power point

Pengertian penilaian kelas

Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik


selnajutnya silahkan download di bawah

download gratis di sini 

RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR (power point )

Hakikat Penilaian

Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Selanjutnya silahkan download di bawah

download gratis di sini 

SUPERVISI KLINIS Presentasi Power Point

Bantuan yang diberikan kepada guru atau tenaga kependidikan lainnya untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya
download gratis di sini 

Pengembangan Diri Presentasi Power Point

Kegiatan yg bertujuan memberikan kesempatan kpd peserta didik utk mengembangkan & mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran
Penilaian dilakukan secara kualitatif.

download gratis di sini 

Pembelajaran Kontekstual (CTL) Presentasi Power Point
Pendekatan Kontekstual

Pengertian
Penerapan
Rencana Pembelajaran
Selesai

download gratis di sini   

Kompetensi Profesional Guru Presentasi Power point

Menurut UU No. 14 Tahun 2005, kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya.

download gratis di sini  

Panduan Belajar ICT (TIK) Program Bermutu 

Berbagai langkah dalam pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi
berisi :operasi dasar komputer,membuat naskah sederhana,membuat daftar dan tabel,membuat rumus dan format,lks sederhana eksel,slide dan masih banyak lagi bisa anda dapatkan dengan cara mendownload di bawah


download gratis di sini  

 

Alat Peraga Pendidikan (presentasi power point)

Untuk mengetahui serta membuat alat peraga pendidikan lebih jelas dan lengkap silahkan download di bawah

download gratis di sini