PERANCANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
menjelaskan
landasan hukum penyusunan
RPP;
2.
menjelaskan
pengertian RPP;
3.
menjelaskan
prinsip penyusunan
RPP;
4.
menjelaskan
komponen dan Format
RPP;
5.
menuliskan
isi setiap komponen dalam format RPP; dan
6.
menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan
Kurikulum 2013.
1. Pengertian
Dua landasan
hukum yang mengatur tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar
dan Pendidikan Menengah. RPP adalah rencana
kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP
dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik
dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan pendidikan
berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran
berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pengembangan RPP dilaku kan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum
pembelajaran dilaksanakan.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antar sekolah
atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan ataukantor Kementerian Agama setempat.
2.
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.
Perbedaan
individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual,
bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai,
dan/atau lingkungan peserta didik.
b.
Partisipasi
aktif peserta didik.
c.
Berpusat
pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d.
Pengembangan
budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran
membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk
tulisan.
e.
Pemberian
umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan
balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f.
Penekanan
pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar
dalam satu keutuhan pengalaman belajar. g. Mengakomodasi pembelajaran
tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan
keragaman budaya.
g.
Penerapan
teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif
sesuai dengan situasi dan kondisi.
3.
Komponen RPP
Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah menentukan komponen RPP adalah sebagai berikut:
a.
identitas
sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.
identitas
mata pelajaran atau tema/subtema;
c.
kelas/semester;
d.
materi
pokok;
e.
alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD
yang harus dicapai;
f.
tujuan
pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g.
kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.
materi
pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
i.
metode
pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j.
media
pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi
pelajaran;
k.
sumber
belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau
sumber belajar lain yang relevan;
l.
langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.
penilaian
hasil pembelajaran.
4.
4. Format RPP
Mempertimbangkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen
RPP di atas secara
operasional dapat diwujudkan dalam contoh format RPP berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP...)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/
Semester :
Materi
Pokok :
Alokasi
Waktu :
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
C.
Tujuan Pembelajaran
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran reguler
2. Materi
pembelajaran pengayaan
3. Materi
pembelajaranp remedial
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan
Pendahuluan
b.
Kegiatan
Inti
c.
Kegiatan
Penutup
2.
Pertemuan Kedua
….
Dst…
I.
Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Sikap
spiritual
b. Sikap sosial
c.
Pengetahuan
d.
Keterampilan
2. Pembelajaran Remedial
3. Pembelajaran
Pengayaan
Jakarta,
......, .......................
Mengetahui
Kepala SMP
______________________________
NIP. ...
|
Guru Mata
Pelajaran
______________________
NIP. ...
|
4.
5. Penulisan isi setiap komponen dalam format RPP
|
Di bawah ini adalah petunjuk cara
menulis RPP berdasarkan contoh format di atas.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah : … (Misal:
SMP Negeri 1 Bayat)
Mata
Pelajaran : ... (Misal: Prakarya (Pengolahan))
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi
Pokok : ...
(Misal: Membuat Minuman Segar)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan
(6 JP))
A.
Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Petunjuk:
1.
Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.
Indikator merupakan jabaran dari KD.
3.
Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku
yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada
kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk
disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4.
Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator
pencapaian kompetensi.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan
1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian
kompetensi.
2. Dalam
hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan
lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi
tersebut.
3.
Apabila
sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator
pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan
pembelajaran.
4.
Tujuan
pembelajaran mengandung unsur: audience
(A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.
Tujuan
pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap
utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ ditumbuhkan melalui pembelajaran
yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah
nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual
dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah
dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus
dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yangdibelajarkan
dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan
dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D.
Materi
Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan
dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1. Materi
pembelajaran reguler
… (Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
1
Teks
... (contoh teks terlampir)
2
Fungsi
sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
3
Struktur
teks ... (uraian singkat terlampir)
4
Grammar:
... (uraian singkat terlampir)
5
Kosakata
terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
6
Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
2. Materi pembelajaran
pengayaan
… (Tulis
sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang
dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
a.
Grammar:
... (uraian singkat terlampir)
b.
Kosakata
terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
c.
Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
3. Materi
pembelajaran remedial
… (Tulis
sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh
sebagian/seluruh peserta didik).
a.
Grammar:
...
b.
Kosakata
terkait dengan tema ...
E.
Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran
aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai
indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.
CONTOH
Pembelajaran
dengan Metode Ilmiah
F.
Media dan Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio,
model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video/film: Judul. Tahun.
Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun.
Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang
dimaksud
e. Realia: Nama benda yang
dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang
diperlukan.
G.
Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi,
majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH
1. Buku siswa: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku referensi: Nama pengarang.
Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun
terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama
koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun.
Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan
lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber
yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan aturan
yang berlaku)
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis
kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan
pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam
rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan
kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan
pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik
YANG DAPAT dilengkapi dengan rumusan
kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah
dan aktivitas pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan
prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis
jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan,
inti, dan penutup.
CONTOH
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu
….
4)
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
….
5)
Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu … dan
teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN
METODE SAINTIFIK:
—
Mengamati
Misal: Peserta
didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan
video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena
meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan
tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan
dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang
diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam
(pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks,
grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
—
Menanya
Misal: Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan
meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman
(untuk IPA), …
Pertanyaan 1: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: …
(pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
—
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal IPS:
Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa
halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan
dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda
gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik
menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang
pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
—
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai
….
—
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan
pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan
informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
—
Guru
guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
—
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
—
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN
DENGAN METODE SAINTIFIK):
—
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA
untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
—
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA
untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
—
Guru
memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai
….
—
Guru
bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab
pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara ….
—
Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
—
Guru
melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
—
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
—
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN
METODE SAINTIFIK):
—
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA
untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
— Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk
tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan
gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA);
…
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
—
Guru
bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait
….
—
Guru
bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan
dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi
dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …,
dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta
mencipta …
—
Guru
melakukan penilaian dengan teknik ….
—
Guru
memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
—
Guru
memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya, yaitu ….
A.
Penilaian
a.
Teknik
penilaian
1
Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap
spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
|
Penilaian antar teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
2
Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam
tabel.
CONTOH
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
||
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
||
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
||
|
Penilaian antar teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
||
3
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Lisan
|
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning)
|
|
Penugasan
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment
of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel
pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
|
Saat pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)
|
4
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Lihat Lampiran ...
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
|
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi
pencapaian keterampilan
|
b.
Pembelajaran Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan
perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
c.
Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain
dalam bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi
dan mewawancarai narasumber.
Jakarta,
......, .......................
Mengetahui
Kepala SMP
______________________________
NIP. ...
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP. ...
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar